Mengenal Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

pengertian sebutkan dan jelaskan Mengenal Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area letak geografisnya

pengertian sebutkan dan jelaskan Mengenal Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area letak geografisnya

   Bagaimana pengelompokan jenis jaringan komputer? Berdasarkan Ietak geografis atau jarak antar komputer yang mencakup suatu jaringan. jaringan komputer dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Networ ( WAN ).

Local Area Network (LAN)

   Local Area Network (LAN) merupakan jaringan yang menghubungkan antarkomputer (Personal Computer/PC) atau server yang berada dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa ruang yang saling berdekatan. Pada jaringan ini akses kecepatan pengiriman data relatif tinggi, yaitu antara 1-100 Mbps. Jaringan Iokal ini biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh satu lembaga atau institusi tanpa menggunakan fasilitas perusahaan telekomunikasi umum. Contohnya, jaringan komputer di lembaga pendidikan (sekolah) ataupun perusahaan tertentu.

   Komputer-komputer yang terhubung jaringan lokal atau LAN biasanya dihubungkan menggunakan kabel. Akan tetapi, ada jaringan lokal atau LAN yang tidak menggunakan kabel. Komputer akan dihubungan dengan fasilitas wireless LAN atau LAN nirkabel. Kecepatan LAN sekira 10 megabit-1 gigabit per detik.

 Metropolitan Area Network (MAN)

   Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan yang mencakup area satu kota dengan radius lebih kurang 10-45 km. Jaringan ini merupakan salah satu pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam satu kota dengan kecepatan antara 45-600 Mbps. Jaringan ini biasanya menggunakan media transmisi berupa gelombang mikro atau gelombang radio. Kadangkala, jaringan ini ada yang menggunakan kabel untuk menghubungkan antarkomputer. Jaringan yang menghubungkan beberapa bank yang terletak dalam satu kota atau kantor yang tersebar dalam beberapa Iokasi tergolong sebagai MAN.

Wide Area Network (WAN)

   Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang memiliki radius sangat luas. Jaringan inl menghubungkan LAN dan MAN melewati batas wilayah geografis yang mencakup jaringan antarkota. antarprovinsi, antarnegara, dan bahkan antarbenua. WAN memiliki kecepatan transmisi di bawah 1 Mbps. Contoh fasilitas yang menggunakan WAN adalah jaringan yang menghubuhgkan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Contoh Iainnya berupa Iayanan internet yang mampu menghubungkan jaringan di seluruh dunia.

Demikian ulasan mengenai jenis jaringan komputer berdasarkan area semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasa teman-teman sekalian.

pengertian sebutkan dan jelaskan Mengenal Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area letak geografisnya

0 komentar