Apa sajakah macam macam virus komputer ?

Apa sajakah jenis macam macam virus komputer


   Taukah anda bahwa virus yang sering merusak dan mencuri data dari pengguna komputer memiliki beberapa macam jenis yang masing-masing jenis memiliki kemampuan dan cara penyebaran yang berbeda-beda, untuk mengetahui apa saja macam virus tersebut silahkan simak ulasan berikut.

worm

  Worm atau cacing komputer merupakan program yang dapat mengandakan dirinya sendiri, penyebaran worm biasanya melalui sebuah jaringan komputer misal internet, LAN, WAN. dampak dari komputer yang terinfeksi worm dalam waktu yang cukup lama biasanya akan mengalami penurunan performa karena worm akan memenuhi memory dan hardisk komputer, untuk menggandakan dirinya worm memanfaatkan celah keamanan pada sistem operasi komputer yang biasa disebut vulnerability sehingga cara mengatasi worm yang paling baik yaitu mengupdate patch atau service pack pada sistem operasi.

Memory Resident virus

    Virus ini merupakan virus yang dibuat bertujan untuk menginfeksi RAM komputer karena menginfeksi RAM sebuah komputer maka dampaknya biasanya akan mengganggu performa komputer dan aplikasi yang akan dijalankan. memory resident virus akan aktif atau berjalan saat sistem operasi berjalan, oleh karenanya cara mengatasinya gunakan antivirus yang memiliki fitur scan komputer sebelum sistem operasi dijalankan atau biasa disebut boot-time scan

Trojan


  Torjan adalah program yang dibuat dengan tujuan memata-matai, mencuri data dari komputer yang sudah terinstal torjan tersebut, torjan menyebar melalui program atau aplikasi yang sudah disembunyikan torjan sehingga apabila program tersebut terinstal maka torjan pun ikut terinstal untuk mengatasinya gunakan antivirus yang mampu membersihkan torjan.

FAT virus


  FAT atau File Allocation Table adalah virus yang bisasanya menginfeksi media penyimpana dimana file-file yang tersimpan didalamnya akan hilang atau disembunyikan oleh virus FAT tersebut sehingga membuat kita kesulitan menemukan file-file yang tersimpan didalam media penyimpanan tersebut.

Web scripting virus


  Virus ini merupakan sebuah kode atau script dalam bahasa pemrograman yang ditanamkan pada sebuah website, biasanya yang terjadi jika sudah terkena virus ini adalah halaman awal web browser akan berubah, muncul iklan di halaman awal web browser, terdapat ekstensi tak dikenal yang membuat kinerja sistem melambat.

Multipartite virus


virus ini dapat menyebar dan menginfeksi dengan berbagai cara, dampak dari virus ini yaitu ukuran aplikasi dan file berubah-rubah, aplikasi yang ingin dijalankan biasanya berjalan lama bahkan tidak bisa dibuka, hardisk memformat dirinya sendiri ekstensi file documment berubah dari doc menjadi dot.

Directory virus

jenis virus ini menginfeksi file berekstensi .exe atau .com dengan mengubah direktori DOS sehingga entri direktori mengarah ke kode virus bukan program atau aplikasi yang sebenarnya. Ketika menjalankan sebuah program, DOS pertama kali akan memuat dan mengeksekusi kode virus, virus kemudian menempatkan program yang sebenarnya dan menjalankannya.

Companion virus


  Virus ini merupakan jenis virus yang menyerang dan merusak data pribadi seperti menghapus dan lain-lain, virus akan membuat file yang dinamai dengan nama yang mirip dengan nama program lain sehingga apabila file tersebut dijalankan maka akan merusak file-file lain dalam hardisk.

Polymorphic virus


  virus ini merupakan virus yang menyerang tipe dan fungsi data dan tergolong sulit untuk dideteksi hal ini dikarenakan virus ini mampu merubah strukturnya dan menduplikat dirinya sendiri setelah menginfeksi subuah sistem komputer. untuk mengatasinya dibutuhkan programmer yang merubah string bahasa pada pemindai.

Overwrite virus


  Virus ini juga termasuk virus yang menginfeksi dan merusak data pada komputer karena mampu menghapus data pada komputer tanpa merubah ukuran file yang sudah dirusak sehingga virus ini juga sulit untuk dideteksi.

Direct action virus


 berikutnya yaitu direct action virus yang menyerang file yang terdapat dalam directory hardisk yaitu AUTOXEC BAT dengan kemampuan menginfeksi prangkat eksternal lain.

Macro virus


  virus jenis ini adalah virus yang dibuat menggunanakan bahasa pemrograman macro, bahasa macro adalah bahasa pemrograman yang disematkan didalam aplikasi prangkat lunak, virus ini biasa terdapat dalam program microsoft word, exel, dan yang lainnya karena program tersebut memungkinkan program macro disematkan dalam dokument shingga program macro dapat otomatis berjalan.

Boot sector virus

  virus ini berfungsi merusak atau menyerang bagian dalam hardisk yaitu boot sector dengan prangkat penyimpanan berjenis MBR. Virus ini menyalin kode yang terinfeksi ke sektor boot ke tabel partisi hard disk. Saat komputer start-up, virus akan mengisi memori komputer. Begitu virus dimasuukkan ke memori, virus tersebut menginfeksi disk yang tidak terinfeksi yang digunakan oleh sistem.

Demikian ulasan mengenai macam-macam virus yang menyerang komputer semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan teman-teman sekalian.

Apa sajakah jenis macam macam virus komputer

0 komentar