Apa itu Internet Dan Intranet

pengertian dan perbedaan Apa itu Internet Dan Intranet secara singkat

pengertian dan perbedaan Apa itu Internet Dan Intranet secara singkat

    Hampir setiap hari kita menjumpai seseorang mengakses situs internet. Bahkan, bagi orang yang berkecimpung dalam teknologi informasi, internet merupakan kebutuhan mutlak. Faktanya internet mampu menimbulkan revolusi pada teknologi Komunikasi dan informasi. Internet dengan berbagai kapabilitas dan fasilitas mampu menjangkau seluruh pelosok dunia. Teknologi internet mampu mengatasi hambatan waktu, ruang, dan Ietak geografis dalam menjalin interaksi antar individu.

Pengertian Internet dan Intranet

    Teknologi internet merupakan media persebaran lnformasi yang cepat dan praktis. Sejalan perkembangan teknologi internet, jaringan komputer di sebuah kantor sudah banyak yang dihubungkan dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Protokol ini memungkinkan jaringan komputer mengakses dan menikmati fasilitas Intranet. Apa sebenarnya yang dimaksud internet dan intranet? Apa pula TCP/IP itu? Penjelasan Iebih lanjut dapat kamu temukan dalam uraian berikut.

Internet

     Internet (Interconnected Network) adaIah jaringan komputer global yang menghubungkan jaringan komputer dan jutaan komputer di seluruh dunia melalui jalur telepon kabel ataupun satelit. Internet menghubungkan jaringan komputer di dunia yang melibatkan organisasi bisnis ataupun nonbisnis (nirlaba), pendidikan, dan militer. Komputer yang tersambung internet dapat menyediakan berbagai informasi yang terbuka bagi publik. Dengan begitu, pengguna internet dapat menjalin komunikasi dengan banyak pengguna komputer kapan saja dari seluruh dunia untuk mengirim berita, memperoleh informasi terkini, dan mentransfer data.
     Jaringan Internet dapat diaplikasikan pada setiap jenis komputer dan sistem operasi. Apa pun komputer yang digunakan baik personal computer (PC) ataupun mini komputer, baik menggunakan sistem operasi berbasis Linux, Windows, ataupun yang lain dapat mengakses internet. Bahkan komputer tablet (tablet) dan telepon seluler pun dapat terhubung ke jaringan internet.
     Internet menghubungkan sebagian besar komputer di seluruh dunia dengan menggunakan bahasa jaringan sama, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Apa peran TCP/IP dalam jaringan internet? TCP berfungsi mengendalikan transmisi paket data dan mengoreksi kesalahan paket data. Internet Protocol (IP) berfungsi sebagai pengenal dan pengantar paket data ke alamat tujuan.
      Komputer yang terhubung ke internet dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi atau data dengan pemakai internet Iain (user), Internet juga dapat dihubungkan dengan berbagai perlengkapan elektronik, misalnya, handphone, kamera video, music player and video, dan tablet. Pada awal mulanya, sebagai sarana penghubung antar komputer menggunakan kabel tembaga. Saat ini media yang dijadikan penghubung lebih beragam, misainya kabel serat optik, kabel Iistrik PLN, ataupun koneksi tanpa kabeI dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Koneksi tanpa kabel dapat berupa koneksi wifi yang dipancarkan dari terminal (hotspot).

      Ditinjau secara fisik, internet hanya sebuah jaringan komputer. Akan tetapi, komputer yang terhubung begitu saja tentu tidak memberikan banyak manfaat. Setelah para ahIi mengaplikasi jaringan internet, komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mengakses informasi dari halaman website, membaca informasi terkini, mengirim surat elektronik (email), mengobrol (chatting), mencari berbagai data, berbeIanja secara online, menonton siaran televisi, mendengarkan siaran radio, bermain game online dan teleconference adalah contoh kegunaan internet.
      Jaringan internet tidak dibatasi oleh batas negara. Setiap pengguna dari negara mana pun dapat saling bertukar informasi dan menggunakannya. Internet tidak memiliki kontrol secara terpusat. Akan tetapi, terdapat Iembaga yang mengatur standar dan pendataan daIam jaringan internet.

Intranet

      Intranet adalah jaringan komputer daIam suatu perusahaan yang bekerja menggunakan teknoIogi internet. Jika internet cakupan wilayahnya Iuas (globaI), intranet cakupan wilayahnya terbatas. Pengaksesan informasi daIam intranet dapat diIakukan melalui beragam browser seperti Internet Explorer ataupun Mozilla Firefox. Intranet adalah jaringan komputer daIam jangkauan terbatas (privat) untuk membagi informasi internal suatu organisasi kepada anggotanya, Intranet juga memanfaatkan sarana komunikasi dan aplikasi, seperti internet daIam cakupan terbatas, Intranet biasanya digunakan di kantor, perusahaan, dan Iembaga. Intranet memungkinkan perusahaan berbagi informasi untuk karyawannya. Jika perusahaan menginginkan karyawan yang sedang dinas Iuar mengikuti informasi perusahaannya, jaringan intranet dapat dihubungkan ke internet. Tujuannya untuk memberikan informasi perusahaan ke pengguna tertentu yang berada di Iuar wiIayah jangkauan intranet. Jaringan ini biasa disebut ekstranett Meskipun terdapat sambungan jaringan internet dan ekstranet, pengguna internet tidak dapat mengakses informasi daIam ekstranet. Hanya karyawan yang diberi hak yang dapat mengakses informasi internal perusahaan melalui ekstranet.
Seberapa penting penggunaan intranet bagi pemakainya? Penggunaan intranet memiliki keuntungan atau manfaat sebagai berikut.

  • Informasi diakses melalui browser sehingga pemakai tidak perIu menginstal program untuk mengakses informasi.
  • Memudahkan untuk menyebarluaskan informasi.
  • Memudahkan daIam pengaturan koneksi internet.
  • Memudahkan pemakaian secara bersama (sharing) beberapa peralatan, seperti printer dan scanning
Demikian ulasan mengenai penjelasan apa itu internet dan intranet semoga bermanfaat dan menmbah wawasa teman-teman sekalian.

pengertian dan perbedaan Apa itu Internet Dan Intranet secara singkat

0 komentar