Penjelasan ISP (Internet Service Provider)

Penjelasan dan pengertian ISP (Internet Service Provider) dan macam macam

Penjelasan dan pengertian ISP (Internet Service Provider) dan macam macam

    Pada dekade tahun 1990-an perkembangan Internet semakin pesat. Di Indonesia perkembangan internet mulai dikenal sekitar tahun 1995-an. Perkembangannya bermula dengan munculnya Internet Service Provider yang menyediakan akses ke internet dengan bandwith sekitar 14.4-28.8 kbps. Hingga akhir tahun 1999, daftar ISP di Indonesia sebanyak 55 ISP. Akan tetapi, pada tahun 2011 jumlah ISP yang tercatat di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencapai 111 ISP. Praktiknya, bisnis ISP memiliki prospek bagus. Saat ini semua bisnis berbasis internet tidak berkembang jika infrastruktur dan koneksi ke internet tidak dibangun terlebih dahulu.

Koneksi ke Internet Service Provider


   Internet Service Provider (ISP) diartikan sebagai perusahaan penyedia layanan akses internet bagi pengguna, baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran. ISP yang terdapat di Indonesia cukup banyak, misalnya lndosatnet, Indonei, Wasantara, dan Telkomnet. ISP dibutuhkan untuk menghubungkan internet melalui perangkat keras, seperti modem. firewall, dan router. Firewall bertugas untuk menyaring siapa saja yang berhak mengakses internet. Selain itu, firewall melindungi komputer dari serangan virus komputer, Sementara itu, router berfungsi menghubungkan jaringan Local Area Network (LAN) dengan internet dalam merutekan antarkeduanya.

   Pengguna akan suIit mengakses internet jika tidak menggunakan peralatan router. Saat ini jumlah pengguna yang banyak menyebabkan IaIu Iintas data dan informasi sangat padat. Router mampu mencarikan jalan yang dilewati data dan informasi dengan cepat. Akan tetapi. tidak semua ISP dapat menghubungkan komputer ke internet secara langsung. Ada ISP yang tidak dapat menghubungkan langsung ke internet. Berkaitan dengan ISP jenis ini, ISP tersebut harus memiliki koneksi ke lntemet Network Provider(INP). INP merupakan perusahaan yang menyediakan Iayanan koneksi internet. INP yang ada di Indonesia adalah Indosat.

   Pada skema tersebut, kamu dapat mengetahui komponen Internet Content Provider yang terhubung ke ISP. Internet Content Provider (ICP) merupakan perusahaan yang menyediakan layanan jasa pembuatan halaman web sekaligus memasang ke portal-portal yang aktif di internet.

Sejarah Singkat Internet Sevice Provider (lSP) di Indonesia

   Pada tahun 1994, ISP pertama yang berkembang di Indonesia adalah IPTEKNET. Pada tahun yang sama PT indolnternet (http://www.indo.net.id/) atau IndoNet yang dipimpin Sanjaya mulai beroperasi. IndoNet merupakan ISP komersial pertama di Indonesia yang awalnya memanfaatkan lisensi dari PT Lintas Arta. Sambungan awal ke internet yang dilakukan IndoNet menggunakan, metode dial-up. Indonet berlokasi di daerah Rawamangun, di Kompleks Dosen Universitas Indonesia.

   lSP yang terdapat di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai dengan model ISP. Bentuk-bentuk koneksi ISP sebagai berikut.

  • ISP sebagai perusahaan telekomunikasi. Misalnya,di Indonesia terdapat perusahaan telekomunikasi terbesar yang berperan sebagai ISP yaitu PT Telkom. Bentuk koneksi yang ditawarkan PT Telkom adalah secara dial-up atau leased line.
  • ISP sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi ke internet. Perusahaan ini menawarkan koneksi nirkabel dengan membangun menara-menara pemancar. Fungsi menara pemancar adalah untuk menangkap frekuensi gelombang radio sebagai sarana Ialu Iintas data dan informasi.
  • ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel. Perusahaan ini memberikan layanan sesuai dengan jenis teknologi ponsel yang dikembangkannya, misalnya GPRS atau 3G. Contoh ISP jenis ini antara lain PT lndosat, PT Telkomsel, PT XL, PT NATRINDO, PT Hutchison CP Telecomunication (Three), PT Bakrie Telecom, dan PT Smart Telecom (Smanfren).
  • ISP sebagai perusahaan penyedia layanan tv kabel. Perusahaan ini memberikan layanan koneksi yang menjangkau lokasi dengan menggunakan kabel broadband. Layanan yang diberikan semula hanya pemancaran siaran televisi, tetapi kini telah dikembangkan untuk akses internet.

Jenis Layanan Internet yang Ditawarkan ISP

  Apa sajakah layanan internet yang ditawarkan ISP ? internet Service Provider(lSP) memiliki berbagai layanan internet yang dapat memenuhi kebutuhan kOnsumen. Jenis-jenis layanan internet yang ditawarkan ISP sebagai berikut. 

Layanan internet Berdasarkan Volume Data 

    Layanan internet dikenai dengan istilah layanan data karena fungsi internet untuk mengirim dan menerima data. Data berupa tulisan, gambar, video, suara, dan siaran langsung dari suatu tempat(video streaming). Berdasarkan konsep pertukaran data, layanan internet diterapkan dengan berbasis pada volume data. Layanan internet ini memungkinkan konsumen membayar pemakaian data berdasarkan harga yang telah disepakati.

   Layanan internet berbasis volume data memiliki keunggulan dan kelemahan. Adapun keunggulan Iayanan berbasis volume data sebagai berikut.
  • Tarif yang Murah, Layanan berbasis volume data memiliki tarif yang murah iika konsumen atau pelanggan tidak menggunakannya secara terus-m.enerus Selain itu, pelanggan tidak menerima dan mengirim data dalam ukuran besar Layanan Ini cocok digunakan oleh pengguna internet bergerak, seperti penggunaan internet melalui telepon seluler.
  • Bersifat Praktis, Layanan internet berbasis volume data mirip layanan SMS dari operator seluler. Saat membutuhkan akses internet, kita akan terkoneksi dengan layanan internet. Akan tetapi, saat tidak membutuhkan layanan internet koneksi akan terputus. Dengan demikian, tidak ada ikatan dengan ISP kecuali tarif yang telah disepakati sebelumnya.
Sementara itu, kelemahan layanan internet berbasis volume data sebagai berikut.
  • Biaya Mahal, Jika pengguna menggunakannya secara terus-menerus, biaya penggunaan layanan internet tersebut sangat mahal. Apalagi jika ukuran data yang diakses berukuran besar. Oleh karena itu, layanan volume berbasis data tidak cocok digunakan untuk mengunduh data berukuran besar.
  • Pemanfaatan Tidak penuh, Layanan internet berbasis volume data tidak dapat dimaniaatkan secara penuh dalam berbagai kegiatan berinternet. Misalnya, layanan volume based tidak cocok jika pengguna menggunakan komputer untuk mengakses internet. Hal ini dimungkinkan biaya yang dikeluarkan sangat mahal karena penggunaannya tidak tepat.

Layanan Internet Berdasarkan Waktu

Layanan internet berbasis waktu penggunaan (timed based) diartikan layanan yang biayanya ditentukan berdasarkan lamanya waktu akses. Pada layanan ini, tidak ada lagi ikatan ukuran data yang diakses oleh konsumen.

Layanan internet berdasarkan waktu memiIiki keuhggulan dan keIemahan. Adapun keunggulan Iayanan internet berdasarkan waktu sebagaI berikut.

Akses Data Internet Dapat Dimaksimalkan, Akses data yang maksimal dapat diperoIeh jika kecepatan transfer data dalam kondisi normal Contohnya, konsumen dapat mengunduh buku sekolah elektronik (BSE) tanpa khawatIr dengan ukuran data.

Metode Akses Data Dapat Dimaksimalkan, Upaya memaksimalkan metode akses data dapat dilakukan tanpa merasa khawatir dengan besar data yang telah diakses. Sementara itu, kelemahan Iayanan internet berdasarkan waktu adalah adanya ketergantungan terhadap kualitas transfer data yang disediakan ISP. Jika kualitas transfer data sangat Jelek, blaya yang dikeluarkan oleh layanan ini akan sangat besar.

Layanan Internet tanpa Batas (Unlimited)

Layanan internet tanpa batas (unlimeted) dimaksudkan tidak adanya batasan volume data dan waktu yang sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Layanan internet ini biasanya diterapkan oleh pengguna untuk memberikan kepraktisan dalam mengakses internet. Pengguna perlu mendaftarkan nomor simcard sebelum mengakses internet. Layanan internet ini biasanya bertaku dalam jangka harian, mingguan, ataupun bulanan.

Demikian ulasan mengenai penjelasan  ISP (Internet Service Provider) semoga dapat di pahami dan dapat menmbah wawasan teman-teman sekalian.

Penjelasan dan pengertian ISP (Internet Service Provider) dan macam macam

0 komentar