Hal hal yang mempengaruhi kinerja pemrosesan data komputer

faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kecepatan sebuah performa komputer

Hal hal yang mempengaruhi kinerja pemrosesan data komputer

  Dalam komputer terdapat banyak perangkat keras yang bekerja dan saling mendukung dalam memproses sebuah data Secara umum, ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan pemrosesan data di dalam komputer. di antaranya sebagai berikut.

Bus Komputer

   Bus adalah jalur antara komponen-komponen pada komputer. Data dan instruksi berjalan pada jalur ini. Lebar jalur data dapat memengaruhi berapa banyak data per bit yang dapat ditransmisikan antar komponen komputer.

Cache Memory

Cache memory adalah memori berkecepatan tinggi yang menyimpan data dan instrultsi terkini yang sudah di-Ioad oleh CPU. Cache Iebih cepat dari pada memori biasa dan sangat memengaruhi kinerja komputer. Ada dua jenis cache memory, yaitu Level-1 (L1) dan level 2 (L2)/cache eksternal.

Register

CPU berisi area memori kecil yang disebut register. Register berfungsi menyimpan data dan instruksi saat pemrosesan. Pada saat ini kebanyakan PC memiliki register 32 bit, artinya CPU dapat memroses 4 byte data tiap waktu. Empat byte diperoleh dari 32 dibagi 8.

RAM

Besar RAM pada PC memengaruhi kecepatan sistem. Makin besar RAM makin banyak pula program dan instruksi yang bisa disimpan di memori. Hal ini jauh lebih cepat jika disimpan di harddisk. Jika PC tidak memiliki cukup memori untuk menjalankan program maka data akan dipindahkan sementara ke harddisk (proses ini disebut swapping) dan hal ini akan menurunkan kinerja komputer.

System Clock

System clock dalam komputer menetapkan kecepatan CPU menggunakan kristal quartz yang bergetar. Satu getaran clock adalah waktu yang dibutuhkan oleh transistor yntuk mematikan transistor, kemudian menyalakannya kembali. Hal ini disebut clock cycle. Clock cycle diukur dalam Hertz (Hz). Jika sebuah komputer memiliki kecepatan 300 Mhz, artinya system clock berdetak 300 juta kali tiap detik.

  Demikian ulasan mengenai hal-hal yang mempengaruhi kinerja pemrosesan data komputer semoga ulasan ini dapat menambah wawasan bagi teman-teman.

faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kecepatan sebuah performa komputer

0 komentar