Menambahkan, Menghapus, dan Menggabungkan partisi di windows

cara menggabungkan partisi hardisk tanpa menghapus data

Menambahkan, Menghapus, dan Menggabungkan partisi di windows

  Partisi adalah bagian-bagian hardisk yang dibagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang telah ditentukan. jika kita memiliki PC atau laptop dan di dalamnya terdapat tempat penyimpanan Drive C, Drive D, Drive E itulah yang disebut partisi.

  Mungkin diantara kita masih ada yang belum paham mengatur partisi di windows maka pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menambahkan, menghapus, dan menggabungkan sebuah partisi.

  Untuk mengatur partisi di windows kita bisa menggunakan software yang sudah otomatis terinstal di windows itu sendiri yaitu Disk Management, Silahkan dibuka disk management-nya pada windows 10 anda tinggal klik kanan pada menu start dan pilih disk management, Berikut tampilan disk management

Cara Menambahkan

  • Pertama klik kanan pratisi yang ingin di bagi untuk membuat pratisi baru kemudian pilih Shrink volume.
  • kemudian klik next maka akan muncul box untuk menentukan besar ukuran pratisi baru yang ingin dibuat.
  • Tunggu hingga proses shrink selesai, jika sudah maka partisi baru akan muncul namun belum bisa terbaca.
  • agar terbaca klik kanan pada pratisi baru dan pilih New Simple volume. 
  • kemudian klik next maka akan muncul box untuk menentukan seberapa banyak ukuran partisi yang ingin terbaca biarkan saja kemudian klik next agar seluruh ukuran terbaca.
  • Kemudian akan muncul box untuk memilih label partisi pilih sesuai keinginan dan klik next untuk melanjutkan.
  • setelah itu akan muncul box untuk memilih format hardisk biarkan saja agar sesuai dengan defaultnya dan klik next.
   selesai partisi baru sudah dapat digunakan, saat anda membuka partisi ini di file explore maka anda akan diminta untuk memformat partisi terlebih dahulu.

Cara Menghapus

   Untuk Menghapus cukup mudah, tinggal klik kanan pada partisi yang ingin dihapus kemudian pilih delete volume namun partisi belum terhapus sepenuhnya partisi hanya akan kembali menjadi tidak terbaca. Partisi yang tidak terbaca ditandai dengan label atas berwarna hitam.

Cara Menggabungkan

    Perlu diketahui bahwa pada disk management kita hanya bisa menggabungkan partisi tersebut dengan partisi yang digunakan untuk untuk membuat partisi baru misalkan anda membuat partisi G yang di bagi dari partisi C maka saat kita menggabungkan partisi ini kita cuma bisa menggabungkannya ke partisi C.

  • Untuk menggabungkannya sangat mudah yaitu klik kanan pada partisi yang telah kita bagi sebelumnya kemudian pilih extend volume dan klik next
  • Kemudian akan muncul box untuk memilih ukuran partisi yang ingin digabungkan jika anda ingin menggabungkan semuanya biarkan dan klik next
  • Kemudian klik finish untuk menyelesaikan dan partisi sudah tergabung.
 Demikian ulasan mengenai cara Menambahkan, Menghapus, dan Menggabungkan partisi di windows semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat.

cara menggabungkan partisi hardisk windows 10

0 komentar