Mengenal Layanan Yang Tersedia Di Internet

Sebutkan macam macam Mengenal Layanan Yang Tersedia Di Internet

Sebutkan macam macam Mengenal Layanan Yang Tersedia Di Internet

  Seiring dengan perkembangan teknologi, internet terus dikembangkan sehingga mampu menyediakan beragam layanan informasi bagi penggunanya. Di antara Iayanan Internet yang sangat penting diketahui yaitu World Wide Web, e-mail, mailing list, IRC, file transfer protokol, telnet blog, e-Commerce, dan teleconference Berikut Ini penjelasan singkat mengenai layanan tersebut.

World Wide Web

    World Wide Web atau biasa dikenal dengan nama WWW merupakan sistem pengaksesan informasi di internet yang paling terkenal. Sistem pengaksesan ini diluncurkan oleh Conseil Europen Pour La Recheice Nuclaire (CERN) di Jenewa, Swiss. Pada saat itu seorang ahli komputer Sir Tim Berners-Lee, menemukan aplikasi World Wide Web yang pada awalnya hanya digunakan fisikawan dan ilmuwan untuk berbagi informasi. Aplikasi tersebut memungkinkah halaman internet menampilkan teks, gambar, animasi audio, dan video. Hebatnya, Sir Tim Berners Lee tidak pernah mematenkan hasil karyanya sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi WWW dengan bebas, Sebuah halaman internet biasa disebut sebagai webpage. Sementara itu, kumpuIan dari beberapa webpage yang saling berhubungan disebut website atau situs. 

    Web menggunakan protokol yang disebut Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language). Dokumen ini diletakkan dalam web server (server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut web browser atau sering disebut browser saja. Saat ini dikembangkan berbagai format Iain untuk membuat website. Format-format tersebut berisikan kode (syntax) untuk menyusun sebuah web. Kode-kode tersebut mengatur teks, gambar, animasi, serta audio dan video yang ditampilkan pada sebuah halaman web.

   Konsep hyper text yang digunakan pada web sebenarnya telah dikembangkan jauh hari sebelum kehadiran web. Dengan pendekatan hyper text ini, seseorang dapat memperoleh informasi dengan melompat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen yang diakses pun dapat tersebar di berbagai mesin, bahkan di berbagai negara. Tidak hanya terbatas pada lembaga-Iembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil risetnya, web telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan bisnis yang ingin mengiklankan produk atau melakukan transaksi penjualan.

    Pada webpage juga dikenal adanya hyper link atau link. Hyper link atau link dapat menghubungkan suatu webpage dengan webpage lainnya atau dengan website yang lainnya. Pada sebuah webpage, link biasanya berupa teks atau gambar yang ditampilkan berbeda dengan lainnya. Link biasanya ditandai dengan garis bawah atau diberi warna yang berbeda. Jika kamu mengarahkan pointer pada link, pointer akan berubah menjadi simbol tangan kecil. Kemudian, link yang kamu klik akan membuka webpage lain yang terhubung.

E-mail

E-mail merupakan singkatan dari electronic mail. Layanan internet ini berupa Pengiriman dan jasa pos. Contoh email yaitu Gmail, Yahoo, dan lainnya, adapun kelebihannya antara lain:
  • hemat waktu dan lebih efisien
  • biaya lebih murah
  • bisa dikirim ke beberapa penerima sekaligus
  • bisa menyertakan banyak lampiran berupa file, baik dalam bentuk teks, gambar, video, maupun audio.
Layanan e-mail di internet terbagi atas tiga macam. Bagian-bagian tersebut yaitu
  • Post Office Protocol (POP) mail
  • e-mail berbasis Web (webmail) dan
  • e-mail forwarding.

Mailing List

   Mailing list atau milis merupakan sebuah grup yang beranggotakan aIamat-alamat email Pada milis, pesan yang dikirimkan akan disampaikan kepada semua alamat email anggotanya. Pada internet, kamu dapat menjumpai berbagai milis dengan berbagai Iatar belakang pendiriannya. Salah satu penyedia layanan milis gratis yaitu groups yahoo.com.

   Pada mailing list dikenal adanya moderator atau administrator yang bertanggung jawab atas pengelolaan mailing list. Moderator bertugas menerima anggota baru, mengatur setiap pesan masuk, dan memilih pesan yang akan ditampilkan. Berdasarkan keberadaan moderator, milis dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut.

Moderated Mailing List

  Pada jenis ini, semua pesan yang masuk diperiksa oleh moderator sebelum didistribusikan kepada anggotanya. Dengan demikian, sebuah pesan bisa saja tidak didistribusikan kepada anggotanya karena pertimbangan tertentu.

Unmoderated Mailing List

  Pada jenis ini tidak dikenal adanya moderator. Oleh karena itu, semua pesan yang masuk akan langsung didistribusikan kepada anggotanya tanpa melalui proses, seleksi. Pada dasarnya penulisan dan pengiriman pesan pada milis identik dengan email. Begitu pula dengan tata cara dan pembuatan milis baru. Untuk melakukannya, kamu cukup mengirimkan sebuah e-mail kosong dengan menuliskan kata subcribe sebagai subjek (topik) dan isi e-mail. Jika ingin mengundurkan diri, kamu dapat mengirimkan e-mail kosong dengan subjek dan isi berupa kata unsubcribe.

Internet Relay Chat (IRC)

  Internet Relay Chatting (lRC) merupakan fasilitas di internet yang rnemungkinkan pemakai melakukan percakapan dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif. IRC ditujukan terutama untuk melakukan komunikasi dalam bentuk grup sehingga mendukung forum diskusi. Namun tidak menutup kemungkinan IRC digunakan untuk percakapan pribadi.

   IRC menggunakan Transmission Control Protocol (TCP). Secara operasional, IRC menggunakan Secure Scoket Layer (SSL). SSL adalah protokol yang dirancang sebagai pengaman dalam berkomunikasi untuk mencegah penyadapan oleh orang lain. Komunikasi dengan menggunakan IRC disebut chatting. Komunikasi seperti ini sangat bermanfaat terutama pada saat kamu ingin bercakap-cakap secara langsung dengan orang lain yang Iokasinya sangat jauh, tetapi tidak memungkinkan atau terlalu mahal untuk berkomunikasi menggunakan telepon.

  Untuk bisa melakukan chatting, diperlukan program klien IRC. mIRC (dapat diunduh di http. //www.mirc.com) dan Yahoo! Messenger merupakan contoh program klien IRC yang sangat terkenal di Iingkungan Windows.

  Selain itu, dapat digunakan browser Opera dan Firefox. Sementara itu, pada lingkungan Linux terdapat program seperti Kopete, Konversation, Opera, dan X -Chat. Seiring dengan perkembangan teknotog beberapa situs web memungkinkan melakukan chatting tanpa memerlukan program clien IRC. Sebagai contoh Yahoo! Mail atau Yahoo! Surat menyediakan fasilitas untuk melakukan komumkasi dalam bentuk tulisan. SSL juga dapat diterapkan pada WWW dan e-maiI.

Newsgroup

   Newsgroup merupakan layanan informasi di internet yang menyerupai milis. Pesan, artikel, atau komentar pada newsgroup akan ditampilkan pada halaman newsgroup dan dapat dibaca oleh semua orang yang mengaksesnya. Biasanya newsgroup berisi serangkaian pesan yang saling berhubungan membentuk forum diskusi. Berbeda dengan milis untuk mengikuti newsgroup, kamu tidak harus memiliki e-mail dan mendaftarkan diri.

  Newsgroup dioperasikan menggunakan Network News Transfer Protocol (NNTP). Newsgroup dikelompokkan ke dalam subjek-subjek secara hierarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subjek. Misalnya, rec .(rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatIve), dan comp (computer) Untuk menggunakan newsgroup diperlukan aplikasi Newsreader, Newsgroup pada Netscape, Xnews dan Newsfetch.

File Transfer Protocol (FTP)

   File Transfer Protocol (FTP) merupakan layanan internet yang dapat digunakan untuk mengirimkan data berukuran relatif besar. Data diunggah oleh server dan dapat diunduh oleh pengguna (client atau user) di seluruh dunia melalui Jaringan internet. FTP merupakan sarana yang tepat untuk melakukan pertukaran data baik berupa gambar, audio, video, game, maupun software program tertentu. Sebuah FTP memiliki alamat URL yang berbeda dengan situs web (WWW). Jika situs web dijalankan dengan protokol http, pada FTP menggunakan protokol ftp. Contoh alamat URL situs FTP :
  • ftp:.//ftp.bhp.com.au
  • ftp.//ftp. f-secure.com
  • ftp://garbo. uwasa.fi
   Saat ini ada dua macam situs FTP, yaitu FTP yang ditampilkan menyerupai tampikan komputer biasa dan FTP yang ditampilkan dalam situs web. Proses mengunduhan file dari situs FTP dapat dilakukan dengan mudah layaknya copy paste file pada komputer biasa. Untuk dapat melakukan pengiriman data menggunakan FTP, kamu harus memiliki program FTP client.

Terminal Network (Telnet)

  Telnet kependekan dari terminal network, merupakan sebuah protokol jaringan internet untuk memberikan fasilitas komunikasi dua arah. Telnet merupakan layanan yang memungkinkan pengguna internet mengakses data maupun aplikasi yang terdapat pada computer server di tempat lain. Dengan istilah lain, telnet merupakan sebuah Iayanan untuk mengakses data yang tersimpan pada computer server jarak jauh.

  Untuk menggunakan fasilitas Ini, pengguna harus memiliki account pada computer server. Pengguna harus memasukkan user name dan password untuk mengakses data dan Iayanan yang disediakan okeh computer server.

Web Blog (Blog)

  Blog kependekan dari web blog, adalah salah satu bentuk aplikasi web yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Pada umumnya blog dikelola secara individu untuk beragam kepentingan. Salah satu Iayanan internet ini berisi komentar, deskripsi peristiwa, atau materi Iain yang berupa grafis atau video. Seiring dengan pertambahan jumlah pengguna internet, jumlah blog yang ada juga semakin banyak. Bahkan, tidak kurang dari empat juta blog telah dibuat oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2011.

Electronic Commerce (E-Commerce)

   E-Commerce merupakan salah satu Iayanan internet berbasis World Wide Web. Fasilitas Ini digunakan sebagai sarana transaksi atau jual beli barang tertentu. Layaknya transaksi tatap muka, pada e-Commerce penjual dapat melakukan penawaran barang dan pembeli dapat memilih serta menawar barang. Barang yang ditawarkan ditampilkan di webpage dan dapat dipilih dengan cara mengekliknya. Jika pembeli ingin melakukan penawaran, ia harus menghubungi pihak penjual dengan menelepon pada nomor yang telah dicantumkan dalam e-Commerce.

    Proses selanjutnya, pembeli akan diminta mengisi data diri yang telah disediakan. Pembayaran akan dilakukan, baik menggunakan sarana kartu kredit, transfer bank, maupun ATM. Setelah dilakukan proses pembayaran, pihak penjual akan mengirimkan barang ke alamat pembeli dengan tambahan  biaya pengiriman. Layanan ini memungkinkan pembeli berbelanja dengan mudah karena tidak perlu ke supermarket. Contoh situs e-Commerce antara Iain www.bukalapak.com dan www. tokopedia.com.

Buletin Board System (BBS)

   Layanan BBS merupakan pusat layanan informasi yang menyediakan informasi dari berbagai bidang seperti pendidikan, teknologi, bisnis, sosial, dan promosi niaga. Fasilitas ini juga memungkinkan kamu berdiskusi dengan pengguna lain tentang topik tertentu. Pengguna BBS juga disediakan fasilitas untuk mengunduh sekaligus mengunggah berita atau file dari dan ke pengguna lain. Salah satu layanan BBS yang terkenal adalah http. //www.unduke.com.

Teleconference/Telekonferensi

  Belajar dari fasilitas chatting yang kurang nyaman karena komunikasi hanya dilakukan secara tertulis, aplikasi chatting pun terus dikembangkan sampai tercipta voice chatt. Pengembangan ini dilakukan dengan menambahkan sound card termasuk voip blaster untuk mengompres suara sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Para ahli terus mengembangkan sampai ke layanan teleconference dengan fasilitas yang lebih sempurna. Hasilnya, sebuah instansi dapat melakukan rapat dengan instansi lain yang berada di tempat bahkan negara yang berbeda. Untuk melakukan teleconference dibutuhkan alat-alat tambahan yang cukup mahal. Oleh karena itu, penggunanya masih terbatas pada perusahaan atau instansi pemerintah dengan skala besar.

Voice over Internet Protocol (VOIP)

   Voice over Internet Protocol (VOIP) merupakan istilah umum untuk pengiriman atau komunikasi suara melalui jaringan internet. lstilah Iain dari VOIP yaitu IP Telephony, Internet Telephony, Voice over Broad Band (VOBB), Broad Band Telephony, dan Broad Band Telephon. fasilitas ini memungkinkan kamu berbicara melalui internet seperti menggunakan telepon. Namun terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi dengan alat penerima ,dan mikrofon. alamat situs penyedia layanan ini yang cukup terkenal yaitu www.buddytalk.com, http.//Skype.com

Internet Fax

  Internet dapat juga dipakai untuk mengirimkan faksimile tanpa menggunakan mesin faksimile. Aplikasi untuk pengiriman faksimile lewat internet mudah digunakan dan biaya pengirimannya lebih murah karena dihitung sebagai biaya lokal. Layanan Ini memberikan kemudahan bagi para sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimile dengan jumlah yang sangat banyak. Di antara situs yang menyediakan layanan internet fax ialah scan FI.com, pamfax.com, dan freepopfax. com

Search Engine

  Search engine atau dalam istilah Indonesia dikenai dengan mesin pencari. Layanan ini digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan para pengguna internet sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan. Menggunakan mesin pencari, kamu dapat mencari aIamat situs web, alamat blog, berita, data, dan informasi Iainnya, baik yang sudah lampau maupun informasi terkini. Selain itu, mesin pencari dapat digunakan untuk mencari gambar atau foto. Beberapa situs terkenal yang menyediakan fasilitas ini antara Iain: Google, Altavista, Yahoo, Excite, dan Lycos.

Jejaring Sosial

  Jejaring sosial merupakan sabuah web berbasis layanan yang memungkinkan penggunanya membuat profil, mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut, serta berkomunikasi seperti chatting Tampilan dasar Situs jejaring sosial ini menampilkan halaman prom pengguna, yang di dalamnya terdiri atas identitas diri dan foto pengguna. Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini antara lain Facebook (www.facebook.com), Twitter ( www.twitter.com), dan google plus (https://plus.google.com/).

Demikian ulasan mengenai layanan-layanan yang tersedia di internet semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sekalian.

Sebutkan macam macam Mengenal Layanan Yang Tersedia Di Internet

0 komentar