Mengenal Jenis Topologi Jaringan Komputer

pengertian Mengenal Jenis macam macam Topologi Jaringan Komputer beserta kelebihan dan kekurangannya

Mengenal Jenis Topologi Jaringan Komputer

   Ada banyak komputer dan perangkat keras lain yang terkoneksi dalam jaringan komputer Setiap perangkat yang terkoneksi dalam jaringan disebut titik atau node. Secara umum suatu sistem jaringan minimal memiliki dua node yang saling terkoneksi. Jika terdapat dua komputer yang saling bertukar data berkomunikasi, atau menggunakan printer yg sama dapat membentuk Suatu jaringan. Sebuah jaringan memiliki puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan node, Setiap node yang saling berhubungan dalam sistem dikenai dengan istilah topologi Jaringan komputer berdasarkan topologi dapat dikelompokkan sebagai berikut.

Topologi Bus

  Topologi bus tersusun mirip susunan bangku panumpang di dalam bus. Node terkoneksi dengan susunan berdampingan di sisi jalur utama jaringan. Sinyal ataupun data yang dikirim ke node akan tersebar ke Seluruh node dalam jaringan tersebut hingga ada node yang meresponnya . Node yang memberikan respons yang berperan sebagai node tujuan sinyal. Jika salah Satu node  jaringan bus mati, jaringan tetap berfungsi dengan normal.

  Secara umum topologi bus memiliki keunggulan dan kelemahan. Adapun Keunggulan topologi bus antara lain susunan yang sederhana mengakibatnya lebih hemat kabel, jaringan mudah dikembangkan, serta jika salah satu node mati jaringan akan tetap berfungsi Sementara itu kelemahan topologi bus antara lain kemampuan deteksi dan isolasi kesalahan sangat Iemah, Ialu lintas sinyal dalam jaringan terlalu padat, serta jika sinyal dikirim dalam jarak jauh, diperlukan alat penguat sinyal.

 Topologi Ring

   Topologi ring memiliki karakteristik berupa jaringan pada tiap node terhubung dengan bentuk lingkaran Beberapa komputer dihubungkan sebuah kabel penghubung. Kedua ujung kabel saling bertemu dengan membentuk lingkaran tertutup. Setiap node dalam jaringan memiliki tingkatan sama. Pada jaringan topologi ring, sinyal akan berpindah secara berurutan dari satu node ke node lain. Jika salah satu node mati, jaringan tidak akan berfungsi. Selain itu, arus sinyal akan berhenti karena sinyal atau data hanya berpindah dalam satu jalur. Topologi ring juga memiliki keunggulan dan kelemahan. Adapun keunggulan topologi ring adalah hemat kabel dan Ialu lintas sinyal berurutan. Sementara itu, kelemahan topologi ring adalah jaringan sulit dikembangkan dan jika salah satu node mati, jaringan tidak berfungsi.

Topologi Star

   Jaringan topologi star akan membentuk jaringan yang dikendalikan secara terpusat. Pusat kendali biasa dikenal dengan istilah server. Node yang terkoneksi lainnya disebut client. Semua data atau sinyal yang dikirimkan client harus melewati server sebelum disalurkan ke client atau node tujuan. Server berperan penting kaitannya sebagai pusat kendali. Jaringan star dapat berfungsi pada saat server menyala. Sebaliknya, jaringan tidak berfungsi jika server mati. Pada sistem demikian, topologi star memiliki keunggulan sebagai berikut :
  • Pengelolahan jaringan dapat dilakukan lebih mudah
  • Deteksi dan isolasi kerusakan dilakukan lebih mudah.
  • Jika salah satu client mati, jaringan atau node lain tidak terganggu.
  • Pemasangan atau perubahan client tidak mengganggu bagian jaringan Iain.  
Adapun kelemahan jaringan star adalah relatif lebih boros kabel dari pada yang lain. Selain itu, jaringan tidak dapat berfungsi jika server mati.

Demikian ulasan mengenai jenis jenis topologi jaringan komputer semoga bermanfaat dan dapat meambah pengetahuan teman-teman sekalian.

pengertian Mengenal Jenis macam macam Topologi Jaringan Komputer beserta kelebihan dan kekurangannya

0 komentar