Cara instal file dengan format deb di linux ubuntu

cara instal file deb di ubuntu


    Di linux ada beberapa format file yang dapat di instal contohnya format file deb, format file deb merupakan format file aplikasi yang digunakan pada distribusi debian. file deb juga merupakan file package standar pada sistem unix. Untuk menginstal format file deb di linux ada beberapa cara yang akan di sebutkan pada artikel berikut ini.

berikut adalah cara instal file dengan format deb di linux :

Cara pertama 

   Cara yang pertama yaitu kita bisa menggunakan program yang difungsikan untuk menginstal file deb dengan melalui GUI yaitu GDebi Packege Installer berikut langkahnya :
  • Pertama instal terlebih dahulu GDebi Packege Installer jika belum di instal cukup buka terminal dan ketik perintah berikut sudo apt-get install gdebi pastikan komputer kalian terkoneksi internet.
  • Setelah GDebi Package Installer telah terinstal berikutnya kalian tinggal buka file deb dengan GDebi dengan klik kanan file deb yang telah di download kemudian pilih open with dan pilih GDebi Packege Installer.
  • Setelah GDebi-nya terbuka kalian tingga klik install package maka proses instalasi akan berjalan.
Cara Kedua

   Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan program berbasis CLI yang sudah terinsal otomatis pada linux, berikut langkahnya :
  • Pertama karena program ini berbasis cli maka cuma bisa dijalankan melalui terminal maka buka terlebih dahulu program terminal.
  • Kemudian masuk ke folder tempat file deb berada kalian tinggal ketik cd nama folder misal cd Download jika file deb-nya berada di folder Download untuk melihat isi folder kalian tinggal ketik peritah ls.
  • Kemudian ketik perintah sudo dpkg -i nama file deb contoh sudo dpkg -i atom-amd64.deb untuk memulai instalasi file deb tersebut.

   Demikian ulasan mengenai cara instal file dengan format deb di linux semoga bermanfaat dan trimakasih.

cara instal file deb di ubuntu

0 komentar