10 virus berbahaya yang menyerang android kamu

10 virus yang paling berbahaya yang menyerang smartphone hp android kamu

10 virus berbahaya yang menyerang android kamu

    Saat ini virus-virus tidak hanya menyerang komputer dengan sistem operasi windows saja, dengan berkembangnya kecanggihan dan kepopuleran smartphone android yang terus meningkat para pembuat virus pun membuat virus yang dapat menyerang smartphone android, virus tersebut bahkan mampu mencuri data dari pengguna smartphone android tanpa disadari.

  Oleh karena itu ulasan yang akan dibahas pada kesempatan ini yaitu apa saja virus berbahaya yang menyerang sebuah smartphone android, berikut ulasannya :

DroidDream

DroidDream atau Android.DroidDream yaitu sejenis malware yang apabila terinstal di smartphone korban maka malware ini mampu me-root, mengambil data, dan mengendalikan smartphone tersebut, virus ini biasa terdapat di aplikasi-aplikasi yang di distribusikan ke berbagai android app market resmi selain google play store, pada tahun 2011 malware ini telah menginfeksi 50.000 hingga 200.000 smartphone android.

Battery-A

Dari nama dapat ditebak bahwa virus ini menyerang sistem battery android korban yang membuat battery android korban akan terkuras dengan cepat, virus ini biasa terdapat pada aplikasi penghemat battery yang ketika terinstal maka virus ini akan ikut terinstal.

Hipposms

Hipposms ini akan mengendalikan sistem sms android dimana semua data SMS masuk dan SMS keluar akan di kirimkan secara “remote” (di kendalikan secara jarak jauh) ke lokasi tertentu, biasanya virus ini akan mendaftarkan korban ke layanan sms berbayar.

Obad

Obad atau juga disebut Backdoor.AndroidOS.Obad.a apabila sudah terinfeksi maka dampak yang terjadi pada android korban yaitu pulsa yang akan terkuras dan menyebabkan hang pada android, virus ini menyebar dengan cara menyuruh korban mendownload aplikasi dari website tertentu. virus ini juga merupakan virus yang sulit untuk dibasmi bahkan oleh Kaspersky.

Stagefright

   Apabila virus ini sudah menginfeksi sebuah android dampak yang ditimbulkan yaitu virus ini mampu mencuri data yang terdapat pada android korban dan data tersebut dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu, virus ini menyebar melalui malware yang ditanamkan pada file multimedia seperti mp4 atau mp3, virus ini sudah menginfeksi hampir 1 juta smartphone. 

DroidSnake Type A

Merupakan malware yang menyerupai aplikasi game tap snake yang jika terinstal di android maka malware ini akan menyerang fitur GPS android dengan mengirimkan lokasi GPS pengguna tanpa diketahui kemudian mendownload dan menginstal aplikasi khusus yang bisa mencuri data-data korban, virus ini juga termasuk malware pertama yang menyerang fitur GPS

DroidSheep

Memiliki nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep.A, virus ini memiliki kemampuan yang berbahaya yaitu mampu membajak akun sosial media kita seperti facebook, twitter, dan linkedln, sehingga akun sosial media kita dapat digunakan untuk tujuan khusus oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

PowerOffHijack

virus android berikut ini dapat mengakses fungsi klasik tombol power yang menyebabkan android korban mati secara tiba-tiba tapi sebenarnya android korban tidak benar-benar mati namun android korban sedang di akses oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab, saat pihak ketiga tersebut mengakses android korban pelaku dapat mengakses data sms, layanan telpon, dan kamera.

Cyber.Police

Virus ini merupakan salah satu ransomware dimana jika virus ini sudah terinstal di android korban maka virus ini akan langsung mengunci android korban dan memunculkan pop-up yang akan meminta tebusan atau denda agar android dapat terbuka kembali.

Gunfu virus

Gunfu atau Android.Gunfu merupakan malware yang apabila terinstal di android korban maka malware ini dapat me-root dan membuka back door android tersebut sehingga memungkinkan malware dapat menjalankan perintah-perintah command dari jarak jauh misal seperti perintah menghapus file, membuka halaman web tertentu, menginstal dan membuka aplikasi tertentu.

    Demikian ulasan-ulasan mengenai 10 virus berbahaya yang menyerang sistem android, semoga bermaanfat dalam mencegah android kita dari serang virus tersebut.

10 virus yang paling berbahaya yang menyerang smartphone hp android kamu

0 komentar