10 jenis virus yang merugikan & berbahaya dalam sejarah

Jenis virus komputer pc yang paling merugikan dan berbahaya dalam sejarah

10 virus yang merugikan & berbahaya dalam sejarah

   virus merupakan program komputer yang sangat merugikan bagi seluruh pengguna komputer, hal ini karena virus dapat merusak, menghapus, dan mengkunci data yang terdapat dalam prangkat laptop atau PC.

virus memiliki banyak nama dan jenis-jenisnya dengan cara penyebarannya yang bermacam-macam seperti melewati email, internet, website, dan lain-lain yang bertujuan untuk merugikan pengguna komputer.

berikut ini ulasan beberapa virus yang mendatangkan kerugian bagi para pengguna komputer yang sudah terinfeksi virus tersebut :

Morris – 1988

  Virus ini dikenal sebagai virus jenis worm pertama, virus ini ditulis oleh seorang mahasiswa pascasarjana di Cornell University , Robert Tappan Morris dan didistribusikan via internet pada 2 November 1988 dan menyebabkan kerugian hampir USD 100 jutaMorris pun dituntut karena melepaskan worm tersebut, dan menjadi orang pertama yang dihukum karena Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer yang baru.Virus ini juga menginfeksi lebih dari 6000 komputer di AS termasuk beberapa komputer milik NASA. Bahkan karena kehebohannya ini, virus Morris diabadikan dalam sebuah floppy disk dan dipamerkan dalam Boston Museum of Science.

Melissa – 1999

Virus Melissa merupakan virus yang penyebarannya melalui email dimana virus ini mengkontaminasi sistem lewat email attachment bertajuk “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else” apabila attachment tersebut diklik, maka virus akan mereplikasi dirinya dan secara otomatis mengirimkan dirinya ke 50 alamat email lain yang terdapat pada address book email korban. virus melissa juga mampu mereplikasi di file word dan exel.virus ini sudah menginfeksi 20% pengguna komputer di dunia dan menyebabkan kerugian sebesar $ 80 juta.


Love Letter ( I Love You ) – 2000

virus ini merupakan virus berjenis malware yang penyebarannya melalui email dengan subject “I Love You” dan berisi pesan teks bertuliskan "kindly check the attached LOVELETTER from me" dan lampirannya berjudul “LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS. pada tahun 2000 telah menyebar dan menyebabkan kerugian  $10 Milyar di 20 negara.

Nimda – 2001

virus ini memiliki nama dari ejaan terbalik kata "admin", virus ini muncul seminggu setelah serangan 9 september pada september 2001, vius nimda menyebar melalui web, email, file sharing dan celah keamanan pada server Web Microsoft Internet Information Services (IIS). virus jenis worm ini kabarnya masih menyebar hingga saat ini dan sudah menginfeksi dan melumpuhkan ribuan komputer di seluruh dunia

Storm Worm – 2006

Virus strom worm ini pertama kali muncul pada tahun 2006 dan merupakan virus yang berbahaya dan merusak bagi perangkat komputer. virus ini menyebar melalui email dengan topik entang bencana cuaca baru-baru ini, "230 tewas saat badai melanda Eropa" yang berisi link, jika link tersebut di klik maka dengan otomatis komputer korban langsung terinfeksi virus Pada tanggal 22 Januari 2007, Storm Worm menyumbang 8% dari semua infeksi malware secara global.

Code Red – 2001

Code Red merupakan virus berjenis worm yang mulai menyebar pada bulan juni 2001, virus ini  merusak berbagai server jaringan dengan memanfaatkan celah yang ada pada Microsoft Internet Information Server akibatnya virus ini berhasil merusak halaman web berbagai website dan berhasil membuat lebih dari 400.000 server down seketika, dan menimbulkan kerugian US$ 2,6 miliar.

Conficker – 2008

virus Conficker ditemukan pada oktober 2008 dan merupakan virus yang memiliki penyebarab sangat cepat sehingga dikategorikan sebagai virus yang berbahaya, virus ini paling banyak menyerang windows XP karena penyebarannya melalui os microsoft windows, The Guardian memprediksi virus Conficker telah menginfeksi 3,5 juta PC pada 2009. dan bertambah menjadi hampir 9 juta PC selang sehari kemudian. 

CIH atau .Win9x.CIH – 1998

CIH merupakan virus yang sulit terdeteksi dan mampu mengotak-atik BIOS sehingga komputer tidak dapat melakukan booting dan dinobatkan sebagai salah satu virus berbahaya yang pernah dibuat, virus ini pertama kali ditemukan di taiwan pada bulan juni 1998, virus ini sudah menginfeksi sistem operasi Windows 95, 98, hingga Windows ME. dan menimbulkan kerugian mencapai lebih dari US$ 100 juta.

SQL Slammer – 2003

Virus berjenis worm ini menyebar mulai pada 25 januari 2003, virus ini menyebar dengan sangat cepat dan sudah menginfeksi 75.000 korban dalam waktu sepuluh menit, virus ini memanfaatkan bug buffer overflow di produk database Microsoft SQL Server dan Desktop Engine untuk menyerang web server yang menyebabkan penolakan layanan pada beberapa hosting internet dan secara dramatis memperlambat traffic internet.

Stuxtnet – 2010

Virus ini awalnya ditemukan pada pertengahan tahun 2010, virus ini memiliki sasaran peranti lunak Siemens dan perangkat yang berjalan dalam sistem operasi Microsoft Windows, menurut beberapa kabar virus ini dibuat bertujuan untuk menyerang program nuklir iran yang menggunakan peralatan terembargo Siemens yang diperoleh secara rahasia, telah mengalami kerusakan karena StuxnetPerusahaan keamanan komputer Rusia Kaspersky Lab menyimpulkan bahwa serangan canggih tersebut bisa dilakukan "dengan dukungan negara" dan telah diduga bahwa Israel dan Amerika Serikat mungkin telah terlibat.

  Demikian beberapa ulasan tentang virus-virus yang berbahaya dan menyebabkan 
banyak kerugian bagi pengguan komputer.

virus komputer pc yang paling merugikan dan berbahaya dalam sejarah


0 komentar