Mengetahui Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

apa perbedaa32 bit dan 64 bitn windows 

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

apa perbedaa32 bit dan 64 bitn windows 

  Windows merupakan sistem operasi yang terkenal di Indonesia bahkan di dunia, hampir semua prangkat PC atau laptop menggunaka sistem operasi Windows namun taukah anda bahwa windows memiliki dua tipe arsitektur yaitu untuk 32 bit dan 64 bit, Apa itu bit dan perbedaan 32 bit dan 64 bit simak uraian berikut ini. 

Pengertian "bit"

  Komputer dalam mengolah dan menyimpan suatu data hanya dalam bentuk bilangan binner yaitu 1 atau 0, sebuah data pada komputer terdiri dari beberapa angka binner jumlah digit binner inilah yang disebut bit, oleh karenanya bit merupakan kepanjangan dari binary digit. istilah bit atau binary digit ini diperkenalkan oleh seorang ilmuan yang bekerja di Bell Laboratories bernama John Tukey pada tahun 1947.

  Dengan demikian sistem windows yang memiliki arsitektur 32 bit mampu memproses data 32 digit bilangan binner seketika dan sistem windows yang memiliki arsitektur 64 bit mampu memproses data dua kali lipat windows yang memiliki arsitektur 32 bit.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Berdasarkan Kecepatan proses data

 Dari ulasan pengertian bit diatas sudah dapat dipastikan bahwa sistem yang memiliki arsitektur 64 bit mampu memproses data lebih cepat dari sistem yang memiliki arsitektur 32 bit karena mampu memproses 64 bit data atau dua kali lipat arsitektur 32 bit dalam sekali pemrosesan data dibanding dengan sistem yang menggunakan arsitektur 32 bit hanya 32 bit data dalam sekali pemrosesan data.

Berdasarkan Performa Sistem

 Perbedaan berikutnya yaitu dari segi performa dimana sistem yang menggunakan arsitektur 64 bit mampu menjalankan aplikasi atau program-program berat berbeda dengan 32 bit yang hanya bisa digunakan untuk menjalankan program-program yang tidak terlalu berat sehingga windows dan prosessor yang memiliki arsitektur 64 bit diperuntukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti desing grafis dan geming sedang yang 32 bit hanya untuk diperuntukan melakukan perkerjaan ringan.

Berdasarkan Kompabilitas Software

 Perbedaan berikutnya yaitu sistem yang menggunankan arsitektur 64 bit mampu menjalankan aplikasi yang dirancang berjalan pada arsitektur 32 bit jadi meskipun aplikasi yang dibuat untuk sistem 32 bit namun tetap bisa berjalan pada sistem 64 bit, sebaliknya sistem yang menggunakan 32 bit tidak mampu menjalankan program atau aplikasi yang diperuntukan untuk sistem 64 bit sehingga sistem 32 bit biayasanya tidak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru namun masih bisa menjalankan aplikasi di bawah 32 bit.

Berdasarkan Penggunaan RAM

 Perbedaaan terakhir yaitu berdasarkan penggunaan RAM dimana sistem dengan arsitektur 64 bit mampu membaca RAM lebih dari 4 GB sedangkan sistem dengan arsitektur 32 bit hanya mampu membaca RAM kurang dari 4 GB.

Demikian ulasan mengenai perbedaan windows 32 bit dan 64 bit, semoga dapat menambah wawasan teman-teman dan semoga bermanfaat.

apa perbedaa32 bit dan 64 bitn windows 

0 komentar