Android, Kelebihan dan Kekurangannya !

sistem operasi Android OS Kelebihan dan Kekurangannya

Android, Kelebihan dan Kekurangannya !

  Di zaman ini tentunya semua orang dari berbagai kalangan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya android. yaa android merupakan sebuah OS atau operating system berbasis linux yang di khususkan untuk smartphone atau gadget yang memiliki layar touchscreen, Seluruh Smartphone yang diluncurkan hampir semua menggunakan Android sebagai sistem operasinya hal ini dikarenakan kelebihan yang dimiliki android tersebut.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan OS android :

Kelebihan Android 

1. Memiliki harga yang bervariasi

  Android memiliki harga yang bermacam-macam mulai dari yang mahal sampai yang murah, karena harganya yang bervariasi hampir semua kalang bisa menggunakan OS android ini, bahkan seseorang bisa mendapatkan smartphone android yang memiliki fitur yang lumayan canggih hanya dengan harga yang tidak terlalu mahal, berbeda dengan smartphone lain yang memiliki harga yang tinggi untuk bisa mendapatkannya. 

2. User friendly

  Android terbilang user friendly atau mudah untuk digunakan bagi siapa saja mulai dari yang paham dengan teknologi sampai yang awam sekalipun, sehingga jika anda belum terbiasa dengan smartphone android atau baru mengenal android anda hanya butuh waktu yang singkat untuk bisa menggunakannya dengan baik.

3. Keamanan lebih terjamin

  Android merupakan sistem operasi berbasis linux dimana setiap aplikasi yang ingin di instal dan berjalan pada android harus mendapatkan izin terlebih dahulu hal ini menyebabkan aplikasi-aplikasi yang bersifat virus kesulitan untuk menginfeksi android. Berbeda dengan sistem operasi lain misal windows yang program atau aplikasi dapat berjalan dengan sendirinya tanpa harus terinstal terlebih dahulu.

4. Merupakan sistem operasi open source

  Karena berbasis linux maka android pun bersifat open source yang menjadikan android bisa di ubah dan di kembangkan oleh siapapun sehingga android dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat cepat dan terdapat fitur-fitur yang beragam.

5. Tersedia beragam aplikasi yang banyak

  Pada android terdapat beragam aplikasi mulai dari yang gratis sampai yang berbayar dengan fitur-fitur yang canggih hal ini dikarena android bersifat open source yang menyebabkan para pengembang diberih kemudahan untuk  membuat aplikasi yang berbasis source code dari android.

Kekurangan Android

1. Banyaknya Program berbahaya

  Karena pengguna sistem operasi android begitu banyak smartphone android menjadi target para penjahat cyber dimana mereka membuat aplikasi yang bertujuan agar mencuri data dan merusak android tersebut jika telah terinstal, sehingga perlu berhati-hati ketika menginstal aplikasi.

2. Baterai cepat habis

  Baterai yang cepat habis dikarenakan aplikasi-aplikasi yang telah terinstal biasanya memerlukan energi baterai yang cukup banyak terutama aplikasi browser sehingga baterai android seringkali cepat terkuras terutama saat paket data aktif untuk mengatasinya yaitu uninstall atau nonaktifkan aplikasi yang memang sudah tidak lagi digunakan.

  tentunya masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang menjadikan keunggulan sistem operasi tersebut. Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi android.

sistem operasi Android OS Kelebihan dan Kekurangannya

0 komentar